x

120 Siswa SD Se Kecamatan Kepanjenkidul Ikuti Pelatihan Kader Jumantik

BLITAR - UPTD Puskesmas Kepanjenkidul mengadakan Pelatihan Kader Jumantik dengan sasaran siswa siswi Sekolah Dasar. Pesertanya berjumlah 120 siswa, terdiri dari siswa kelas 4 dan 5 perwakilan dari masing-masing sekolah, di lingkup Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Acara ini diselenggarakan mulai Selasa hingga Kamis 5 sampai 7 Sepetember 2017. Pelatihan dimulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB dengan dua narasumber disetiap harinya yang berasal dari dokter, perawat dan pengelola program di UPTD Puskesmas Kepanjenkidul. Sementara materi yang diberikan kepada para peserta, diantaranya berkaitan dengan penyakit demam berdarah (DB), pencegahan penularan DB dan pengetahuan tentang kader juru pemantau jentik (jumantik). Terdapat sesi tanya jawab, praktik dan pre tes. Pemberian hadiah bagi para peserta membuat para jumantik cilik ini merasa bersemangat saat mengikuti materi hingga akhir pertemuan.
Trianang Setyawan dr. umum UPTD Puskesmas Kepanjenkidul, satu diantara pemateri pada Rabu (06/09), menuturkan bahwa acara ini merupakan agenda rutin yang selalu diadakan setiap tahun. Diagendakan sebelum datangnya musim penghujan, antara bulan Oktober hingga Januari.
Trianang berharap, setelah mengikuti pelatihan kader jumantik ini, para siswa mampu mengaplikasikannya di sekolah masing-masing. Dengan tiga tugas pokok, diantaranya mengamati jentik nyamuk, melaksanakan gerakan PSN dengan pola 3M plus, serta mewaspadai adanya penyakit DB sedini mungkin.(vik)
Share icon